Posted on 03.25
TOKOH IMAJINATIF
KEBERHASILAN SEORANG GURU
Created by : Ismi Febriana
Disebuah kota tua dearah jawa tengah tepatnya desa giri senang, tinggal seorang anak yang bernama Anita Sasmita , ia lahir dari seorang ibu yang bernama Amisa dan bapaknya Sasmita kusyono. Mereka tinggal dan menggantungkan hidupnya didesa tersebut. Orang tua anita bekerja sebagai petani padi saja. Mereka hidup sangat sederhana. Bahkan sering kekurangan dalam biaya kehidupan mereka sehari hari. Ibu amisa sering menjadi buruh cuci baju karena berharap dengan pekerjaannya itu ia dapat membantu penghasilan suaminya yang shanya cukup untuk memberikan makan mereka saja. Ibu aminah seorang ibu yang sangat pekerja keras ia selalu berusaha membantu suaminya untuk membiayai kehidupan keluarganya karena ia tidak ingin anaknya kekurangan .
Bapak Sasmita adalah seorang bapak yang tegas namun sangat bijaksana. Beliau bekerja keras untuk membiayai kelurganya. Beliau banting tulang dari pagi hingga malam. Tak kadang selepas ia bekerja disawah , ia mencari pekerjaan lain diluar sana sebagai buruh panggul dipasar, mengumpulkan barang barang bekas yang sudah dibuang namun layak pake agar dapat ia jual kembali sehingga menghasilkan uang kembali. Bapak sasmita sangat menyanyangi istri dan anaknya.
Anita gadis cantik yang pintar dan sangat ramah.sebagai anak yang tumbuh dalam kehidupan sederhana. Ia tumbuh menjadi anak yang dewasa dan rajin membaca. Sekarang umur anita sudah hampir 24 tahun, ia bekerja sebagai guru disekolah dasar yang sangat terpencil didesanya. SD HARAPAN adalah tempat anita bekerja, mengajar, mendidik anak muridnya agar tumbuh dengan pendidikan yang layak. Anita mencurahkan seluruh hidupnya dengan mengajar dan selalu mengeksplor kemampuan yang ada pada dirinya.
Anita terkenal sebagai guru yang tegas namun sangat asik daam mengajar. Anita sangat interaktif dalam mengajar terhadap muridnya. Ia sangat memperhatikan perkembangan dan kemampuan anak muridnya secara subjektif. Karena ia tahu kemampuan seorang anak sangat berbeda dengan anak yang lain. Anita termasuk guru yang sangat kreatif. Ia memiliki cirri- cirri tersebut diantaranya adalah peka terhadap sekililing anak anak muridnya peka terhadap kehidupan murid, peka terhadap kemammpuan anak muridnya, peka terhadap kecerdasan yang dimiliki setaip anak muridnya. Dan ia adalah termasuk guru yang sangat perhatian , anita selalu berusaha untuk mengenal dengan baik secara personal dengan muridnya. Anita selalu menerpakan ilmu untuk mengeksplor setiap kemampuan yang muridnya punya agar smua bakat dan kemampuan yang ada dapat disalurkan dengan baik.
Selain mengajar pun anita selalu meluangkan waktunya untuk menulis buku hasil karyanya sendiri. Semua ilmu dan kemampuan yang ia miliki ia curahkan dalam tulisan tulisan yang indah tertuang dalam buku karya anita.Ia berharap dengan buku itu ia mampu menyumbangkan sesuatu sebagai dedikasinya sebagai guru untuk bangsa Indonesia dan anak anak didiknya. Anita sangat bersemangat demi kemajuan pendidkan. Ia akan berusaha apapun yang mampu ia lakukan.
Dalam mengajar anita mengembangkan metode gemar membaca dan menulis. Berharap dengan membaca dan menulis dapat membuka wawasan yang lebih luas lagi kepada muridnya agar tidak tertinggal oleh perkembangan zaman yang semakin maju. Dan menciptakan suasana kelas dalam belajar senyamanmungkin. Agar ide – ide dan kreatifitasan murid dapat berkembang dengan baik dan tidak hanya terpaku pada satu hal saja.
Sekarang anita diangkat menjadi PNS (pegawai negri sipil ) keberadaan anita lebih dianggap ada sehingga anita dapat lebih mengembangakan kesuksesan SD HARAPAN menjadi sekolah yang lebih layak dan baik lagi. Setahun kemudian anita mendapatkan penghargaan sebagai guru teladan dari Presiden RI.
Kini kehidupan anita sudah berubah. Ia berhasil menjadi guru yang sukses dan berhasil. Kehidupan keluarga pun mulai terangkat hingga dapat memberangkat Haji orangtuanya. Keberdaan SD HARAPAN pun kini menjadi pusat percontohan sekolah terbaik.
Tokoh – Tokoh Imajinatif yang Menggambarkan 4P (Pribadi, Proses, Pendorong dan Produk )
1. Carl R.Rogers
adalah seorang ahli psikologi humanistic yang gagasannya berpengaruh terhadap pikiran dan praktek psikologi dismua bidang baik klinis. Rogers mengutamakan tentang prinsip belajar humanistic yang meliputi hasrat untuk belajar, belajar atas inisiatif sendiri,belajar tanpa ancaman, belajar untuk perubahan (rumini dkk,1993)
• hasrat untuk belajar
menurut rogers, manusia mempunyai hasrat alami untuk belajar. Hal ini terbukti dengan tinggi rasa ingin tahu anak apabila diberi kesempatan untuk mengeksplorasi lingkungan.
• Belajar yang berarti
Belajar akan berarti dan bermakna apabial yang dipelajari itu relevan.relevan dengan kebutuhan dan yang dimaksud si anak.
• Belajar tanpa ancama
Belajar mudah dilakukan dan dapat disimpan dengan baik bila berlangsung dalam lingkungan yang bebas dari ancaman
• Belajar atas inisiatif sendiri
Belajar yang paling bermakna adalah belajar atas inisiatif sendiri dan melibatkan perasaan dan pikiran si pelajar.mampu memilih arah yang diinginkan akan memberikan motivasi yang sangat positif abagi dirinya.
• Belajar dan perubahan
Belajar yang paling bermafaat adalah belajar tentang proses belajar. Menurut rogers diwaktu lampau murid belajar mengenai fakta – fakta dan gagasan – gagasan yang statis.
2. Arthur Combs
Perasaan, persepsi, keyakina, dan maksud merupakan perilaku batiniahyang myebabkan seseorang berbeda dengan yang lain. Agar dapat memahami orang lain sseorang harus melihat dunia orang lain tersebut.
Menurut combs, perilaku yang keliru atau tidak baik,terjadi karena tidak adanya kesediaan seseorang melakukan apa yang seharusnya dilakukan sebagai akibat dari sesuatu yang lain.
Sesungguhnya para ahli humanistic melihat dua bagian belajar yaitu dperolehnya informasi baru dan personalisai informasi baru.
Semakin jauh hal – hal yang terjadi diluar diti seseorangd dari pusat lingkaran, semakin kurang pengaruhnya terhadap seseorang.
3. Abraham maslow
Adalah tokoh yang menonjol dalam psikolgi pendidikan humanistik. Karyanya dalam bidang pemenuhan kebutuhan sangat berpengaruh sekali terhadap upaya memahami motivasi manusia. Sebagian dari teorinya yang penting didasarkan atas asumsi asumsi dalam diri manusi terdapat dorongan positif untuk dan kekutan kekuatan yang melawan atau menghalangi pertumbuhan( rumini,dkk.1993)
Maslow berpendapat bahwa manusia memiliki hirarki kebutuhan yang dimulai dari kebutuhan jasmani,yang paling asasi sampai kebutuhan tertinggi yakni kebutuhan estetis.
a) Kebutuhan jasmaniah : makan, minum , tidur, dan sex.kebutuhan kesehatan
b) Kebutuhan untuk memiliki dan cinta kasih : dorongan untuk memiliki kawan dan keluarga, adanya dorongan untuk mendapatkan perhatian,cinta kasih dan prestasi
c) Kebutuhan harga diri : kebutuhan untuk dihargai,dihormati, dan dipercaya oleh orang lain
d) Kebutuhan aktualisasi diri : motivasi diarahkan terpenuhinya kebutuhan psikologi humanistic (ratna syifa’a rahmana)untuk mengembangan potensi dan bakat
Maslow berpendapat bahwa adanya kebutuhan estetis : dorogan keindahan . kebutuhan dalam keteraturan, dan kelengkapan.
4. Aldous Huxley
Pendidikan diharapkan mampu membantu manusia dalam mengembangkan potensi – potensi tersebut. Kurikulu dalam proses pendidikan harus berorientasi pada pengembangan potensi dan harus melibatkan semua pihak, murid, guru,kepala sekolah,orang tua.Huxley menekankan adanya pendidikan non verbal yang juga haru diajarkan kepada siswa.yang bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran seseorang. Sebaiknya pendidikan nonverbal dilakuakn sejak dini.Berbekal pendidikan non verbal seseorang akan memiliki banyak strategi.karena mempunyai kemampuan untuk menghargai pengalaman hidupnya dengan lbih menarik.
5. David Millsdan Stanley scher
Ilmu pengetahuan alam selama bertahun tahun hanya dibahas dan dipelajari secara kognitif semata. Yakni sebagai akumulasi dari fakta fakta dan teori – teori . Padahal bagaimanapun dari ilmu prakek pengetahuan selalu melibatkan elemen elemen afektif yang meliputi adanya kebutuhan akan pengetahuan, penggunaan intuisi dan imajenatif dalam usaha – usaha kreati.David Mills mengajukan konsep pendidikan terpadu yakni proses pendidikan yang mengikut sertakan afeksi atau perasaan murid dalam belajar. Fungsi guru dalam proses pendekatan terpadu untuk membebaskan murid dari ketergantungan guru.dengan tujuan akhir mengembangkan responsbilitasmurid untuk belajar sendiri.
David mills dan Stanley scher memaparkan tujuan pendidikan terpadu :
a. Membantu murid untuk proses ilmu pengetahuan, termasuk ide – ide baru.
b. Membantu murid dalam mencapai kemampuan untuk menggali dan mengerti diri sendiridan lingkungan sekutarnya.
c. Meningkatkan pengertian dan ingatan terhadap kosep – konsep dan ide – ide dalam pengetahuan
d. Menggali bersama sama murid implikasi implikasi dan aplikasi yang mungkin dari ilmu pengetahuan.
e. Memungkinkan murid untuk menerapakan baik proses maupun pengetahuani ilmiah untuk meningkatkan kesadaran murid terhadap dunia mereka.
BELAJAR MENGAJAR YANG KREATIF
a. Terus mengembangkan ide – ide
Suatu kualitas dimana guru harus mengembangkan ide – ide yang baru dan imajenatif dalam mengajar.guru yang memberikan pandangan dan pendekatan baru pada suasana belajar mengajar adalah seorang seniman yang sesungguhnya.
b. Kegunaan imajenasi
Ada beberapa orang yang merasa bahwa penggunaan imajenasi tergantung pada kemampuan mereka.imajenasi dapat didedikasikan mendapt tempat disemua aspek pengajaran
Dr.Raplh j hallman menyatakan : kreativitas dapat diajarkan ,karean proses untuk menjadi kreatif adalah proses mengembangkan seseorang untuk menjadi suatu pribadi.ini prose yang tidak terikat rantai kebiasaan, rutinitas,dan tekanan. Proses ini adalah proses membentuk lingkungan seseorang secara produtif. Ini adalah proses mengidentifikasi seseorang dan mendefinisikan seseorang.
PENERAPAN KREATIFITAS
• Kreatifitas dalam metode :dapat diterapkan dalam berbagai hal atau keanekaragaman. Adanya cara – cara berkomunikasi
• Kreatif dalam fasilitas :tampilan fisik ruang kelas
• Keratifitas dalam memberikan tugas :adanya keuntungan dalam mengerjakan tugas yang diberikan
KUALITAS GURU YANG KREATIF
Setiap orang memiliki kreatifitas yang berbeda – beda. Ada satu hubungan yang erat antara kreativitas yang tinggi dan kepandaian yang diatas rata – rata.
Syarat – syarat kreatifitas :
a. Antusiasme
Mengutamakan hubungn yang dinamis dengan Tuhan.dan muncullah antusiasme terhadap pengajaran dan minat yang disalurkan
b. Keterbukaan pikiran
Orang yang memiliki kreatifitas akan memiliki keterbukaan pikiran terhadap pengalaman.ia menerapkan kebijaksanaan pada masa lalu untuk menantang masa depan.
c. Kepekaan
Orang kreatif selalu peka terhadap lingkungannya.ini adalah kemampuan yang dapat digali oleh guruyang ingin meningkatkan kekuatan kreatifitasnya.
d. Pertumbuhan pribadi
Selalu ada waktu untuk mengetahui semua yang diperlukan untuk mengenl muid – muridnya. Guru yang berdedikasi terus bertumbuh kemampuanya dan potensi kreatifitasannya.
CARA MEMBANGUN KREATIFITAS
• Mengembangkan program membaca dengan baik
• Terapkan teknik pemecahan masalah
• Menggunakan pendekatan “brainstorming”
• Lakukan penilaian yang berbeda
MENDORONG KREATIFITAS MURID MURID
• Perhatian (empati) sebagai bagian dari seorang guru
• Keragaman suasanadalam mengajar
• Toleransi dalam kegiatan kelas
• Penilaian murid – murid
•
Posting Komentar